Rabu, 05 Agustus 2009

Rokok dan Pergaulan Bebas Bagi Pelajar

Rokok


Pengertian Rokok
Adalah gulungan dari tembakau yang dibungkus dengan daun nipah, kertas dan bahan-bahan lainnya.

Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Rokok

1. Nikotin
Yaitu zat yang paling dibicarakan oleh para pakar kesehatan dan sedang diteliti banyak orang, nikotin ini dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah tepi dan dapat menyebabkan ketagihan serta ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin sekitar 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap harinya sudah dapat membuat orang tersebut ketagihan.
2. Timah hitam
Timah hitam (Pb) yang dihasilkan sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Bisa dibayangkan apabila seorang perokok berat menghisap rata-rata 2 bungkus rokok per hari, berapa banyak zat berbahaya ini masuk ke tubuh
3. gas Karbon monoksida
Gas karbon monoksida (CO) memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharusnya hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernafasan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen maka gas CO ini merebut tempatnya di sisi hemoglobin. Akhirnya kadar CO dalam tubuh seorang perokok dapat mencapai 4-15% dibandingkan pada orang bukan perokok yang hanya 1%.
4. Tar
Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam kumpulan padat asap rokok dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar akan masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan dan paru-paru. Pengendapan ini berfariasi tergantung berapa banyak orang menghisap rokok, biasanya antara 3-40 mg, sementara kandungan tar dalam rokok berkisar 24-45 mg.

Pergaulan Bebas

Pengertian
Pergaulan
adalah hidup berteman ( bermasyarakat ) dengan akrab antar satu orang dengan orang yang lainnya sehingga membentuk suatu perkumpulan.
Bebas adalah lepas sama sekali atau ( tidak terhalang ataupun terganggu oleh norma-norma yang mengikat).

Dewasa ini pergaulan bebas dikalangan remaja sangatlah memprihatinkan, bahkan sampai terjadi hamil diluar nikah, tentunya itu sangatlah merugikan bagi kelangsungan hidupnya, oleh karena itu sebagai warga negara indonesia yang menjunjung tinggi nilai dan norma-norma marilah kita tata diri kita dan bergaul sewajarnya saja.

Pengaruh Konsentrasi Belajar
Bagi perokok mungkin mereka berpendapat bahwa merokok akan meningkatkan konsentrasi dalam belajar, karena dengan belajar sambil menikmati hisapan demi hisapan puntung rokok seseorang lebih fokus mengerjakan sesuatu. Namun, suatu ketergantungan ini adalah salah. Pasalnya merokok mempengaruhi saraf otak sehingga otak kita terganggu, sekonsentrasi apa pun kita belajar, sepertinya cuma hisapan rokok itu sendiri yang lebih dominan dibanding pembelajarannya.
Sedangkan dari pergaulan bebas itu sendiri akan merusak masa depan seseorang yang sudah masuk di dalamnya, sehingga nantinya akan sangat merugikan bagi diri sendiri juga orang tua yang masih membiayai kita dalam pembelajaran.




Related Articles by Categories


1 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri aku kata-kata ...

Grab this Widget ~ Blogger Accessories