Kamis, 20 Agustus 2009

Bahaya Flu Babi

Sekedar informasi saja buat teman-teman blogging yang sengaja atau pun tidak sengaa mampir ke jepara blogger. Akhir-akhir ini gejala flu babi sudah ramai dibicarakan di semua kalangan, oleh karena itu tidak ada salahnya anda membaca artikel ini beberapa menit saja.
Mengenai Flu babi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat menular melalui binatang, terutama pada babi ( itu sebabnya diberi nama flu babi ). Ada juga kemungkinannya penyakit ini ditularkan melalui manusia.
Biasanya virus ini menyebar pada babi terutama dipeternakan babi. Awalnya cuma satu babi, tapi virus ini cepat sekali menular ke babi-babi yang lain, dan kemudian menularkannya ke babi dipeternakan lain atau lang sung ke konsumn saat terjadi transaksi jual beli babi. Hingga sekarang ini flu babi sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia.Proses penularan flu babi kepada manusia sangatlah mudah terjadi, misalnya apabila manusia bersentuhan dengan babi yang ada ci kandangnya atau dipeternakan, sementara babi itu sudah positif terinfeksi flu babi, maka ada kemungkinan sangat besar orang tersebut akan tertular virus flu babi tersebut. Selain itu penularan dari satu orang ke orang lainnya pun juga sangat mudah, yaitu diantaranya melalui paparan batuk orang yang terinfeksi flu babi, ata orang yang tidak terinfeksi kemudian menyentuh sesuatu yang sudah terkena virus flu babi, lalu menyentuh mulut atau hidung.


Meskipun demikian konsumsi daging babi tidak menyebabkan seseorang terinfeksi flu babi. Seperti yang diungkapkan oleh CDC, selama produk daging babi tersebut terjamin, dimasak dengan baik dan matang. Disarankan untuk memasak daging babi dengan temperatur sekitar 71°C, pada suhu tersebut bakteri dan virus tidak dapat bertahan.
Sejauh ini vaksinasi untuk babi telah tersedia namun vaksin untuk manusia belum tersedia, hal ini dikarenakan virus H1N1 pada babi secara antigen sangat berbeda dengan virus H1N1 pada manusia. Penyebaran flu babi ini umumnya terjadi pada musim dingin dan musim gugur.
Beberapa diantara ini adalah gejala-gejala yang mungkin perlu diperhatikan sebagai tanda-tanda untuk peringatan. Berikut beberapa diantaranya tanda-tanda pada anak adalah :
1.Bernafas cepat atau memiliki kesusahan bernafas
2.Warna kulit kebiruan
3.Tidak minum banyak cairan
4.Tidak sadarkan diri atau tidak bereaksi
5.Anak tidak mau disentuh, dan cepat marah
6.Mengalami gejala seperti flu pada umumnya dan disusul dengan demam juga batuk parah
7.Terdapat ruam ketika demam
Sedangkan tanda-tanda pada orang dewasa adalah :
1.Sulit bernafas
2.Merasakan sakit atau tekanan di dada dan sekitar perut
3.Tiba-tiba pusing
4.Muntah dan biasanya diiringi diare

Beberapa upaya untuk menghindari flu babi adalah :
1.Hal paling utama dan sederhana adalah dengan mencuci tangan Anda, karena bakteri sangat mudah sekali menempel di tangan Anda. CDC menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat selama 15-20 detik.
Cuci tangan terutama setelah tangan anda menutupi bersin atau batuk. Bahan pencuci tangan yang beralkohol juga efektif untuk digunakan membersihkan tangan.
2.Tutupi hidung dan mulut anda dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu pada tempatnya setelah selesai digunakan.
3.Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut secara langsung, karena melalui cara ini bakteri menyebar dengan mudah
4.Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
5.Jika Anda terserang flu ada baiknya untuk tetap di rumah untuk istirahat, untuk membatasi hubungan dengan orang lain dan menekan penyebaran virus

Nah, demikian yang dapat jepara blogger sampaikan mengenai flu babi. Diharapkan agar sahabat blogger selalu waspada dengan bahaya flu babi.
Akhirnya, salam blogger.



Related Articles by Categories


0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri aku kata-kata ...

Grab this Widget ~ Blogger Accessories