Kamis, 27 Agustus 2009

Survey Sepuluh Menit Dibayar $1-25

Kali ini bener-bener lagi pengen banget nulis tentang nyari dollar online, disamping juga mencari tahu program apa yang cocok untuk newbie dan sekedar bagi-bagi dengan sahabat blogger yang pada belum tahu masalah ini. Selama ini saya browsing di google serta blogwalking ternyata berguna juga, pasalnya saya dapat banyak informasi darinya. Pas sedang asyik-asyiknya jalan-jalan, eeh ketemu tu yang namanya awsurveys. Dari satu informasi yang kurang jelas, saya nyari deh informasinya tentang awsurveys lewat om google. Begitulah critanya sampai saya nulis tentang awsurveys di jeparablogger.
Langsung saja, awsurveys adalah situs pencari uang online dimana membernya diberikan job untuk memberikan survey terhadap suatu website. Dari website yang kita survey inilah kita dapat uang nantinya. Tujuan dari website itu sendiri adalah karena mereka butuh suara dari pelanggan tentang produk yang mereka tawarkan sekaligus memperkenalkan website tersebut ke seluruh dunia, maka dari itu mereka rela membayar kita. Jadi kita menulis survey juga akan sangat membantu mereka dalam mengembangkan produk yang mereka tawarkan.
Dari situlah, awsurveys adalah media yang mempertemukan website yang membutuhkan survey tersebut dengan member di awsurveys yaitu kita. Saat pertama kali register kita akan mendapat job yang seluruhnya bernilai $27, jumlah yang lumayan besar bukan? Namun, jangan salah. Jumlah sebesar itu kemungkinan hanya akan diberikan sekali itu saja, selanjutnya kita hanya akanmenerima job untuk survey yang hanya satu tiap bulannya, yaitu survey kompetisi yang akan diundi untuk mendapatkan $500 dan Job itu hanya bernilai $1. Jika dibandingkan dengan jumlah minimal payout yang $75, maka akan bertahun-tahun bagi kita untuk melakukan payout. Jalan satu-satunya untuk mempercepat payout yaitu dengan program referral. Untuk satu referralnya kita dibayar $1,25 , etelah mendaftar, kita mendapat link referral yang harus kita promosikan untuk memperbanyak pendapatan kita. Namun, hati-hati! Jangan sekali-sekali melakukan kecurangan dengan menggandakan referral anda, karena kalau sampai mereka tahu maka account kita akan dibanned dan habislah cerita kita di awsurveys. Itu sebabnya banyak yang bilang kalau awsurveys adalah Scam, karena mungkin mereka yang tidak dibayar telah melakukan kecurangan. Pada kenyataannya banyak member awsurveys yang telah dibayar dan mereka membuat posting tanda pembayaran.
Cara melakukan surveynya sendiri sangatlah mudah, setelah kita membuka job yang telah diberikan, kita akan masuk ke halaman baru yang berisi 2 link situs yang akan kita survey. Klik link satu persatu dan akan membawa kita ke halaman website, lalu temukan hal yang dapat anda tuliskan dalam kolom survey pada halaman website tersebut. Nah, mudah bukan, begitu selesai survey, dollar akan langsung ditambahkan pada account balance.
Jadi, tunggu apa lagi? buruan daftar awsurveys di sini. Jika anda menjadi referral saya, saya hanya mendapatkan $1,25, tapi anda akan mendapatkan ganti yang lebih, yaitu $27.

Buruaan klik dibawah ini untuk dapetin $27


Read More..

Sabtu, 22 Agustus 2009

Membuat Logo Trans TV Dengan Corel Draw

Jepara Blogger akan memberi tahu sahabat blogger tentang tutorial pembuatan logo trans tv dengan corel draw. Tidak terlalu sulit caranya, bahkan sangat mudah.
Sudah cukup basa basinya, sekarang saatnya kita praktek dengan corel draw.
Bukalah program corel draw milik anda sendiri, atau siapa saja yang penting bisa. Berikut adalah langkah demi langkahnya.


1. Buatlah kotak menggunakan Rectangle tool. Supaya kotaknya berbentuk bujur sangkar klik dan drag di area kerja sambil menekan ctrl.

kotak


2. Sekarang kurangi sudut kotak tersebut dengan menggunakan shape tool sehingga bujur sangkar berubah seperti gambar di bawah.

kotak2


3. rotasi gambar menjadi 45 derajat, lalu copy paste menjadi ukuran yang lebih kecil dan letakkan di dalamnya


putar



4. Seleksi kedua objek kemudian trim.

trim



5. Buatlah persegi panjang dengan posisi vertikal, ukurannya sesuai bujur sangkar. Letakkan detengah-tengah bagian atas, seperti pada gambar. Lakukan seleksi dan kemudian weld.


weld



6. Sekarang buat persegi panjang dengan bentuk horisontal. Letakkanlah persegi panjang tersebut ditengah-tengah kotak. Agar letaknya benar-benar di tengah Anda dapat lakukan melalui menu arrange - alignment and distribute, tentunya kedua objek harus terseleksi, setelah itu lakukan trim.


trim2


7. Tulis Trans dan letakkan ditengah-tengah kotak


hasil


Nah akhirnya sudah jadi, selamat mencobanya.....

Salam blogging


Read More..

Promosi Blog Melalui Email

Saya pikir semua sudah tahu tentang "Electronic Mail" yang selalu disingkat Email yang berarti adalah surat yang dikirim seseorang melalui satu komputer ke komputer lainnya dalam suatu jaringan komputer atau internet. Jika HP adalah media komuikasi yang tak pernah lepas dalam kehidupan sehari-hari, maka di internet alamat email adalah hal yang terpenting untuk dapat menghubungi orang lain. Maka dari itu promosi menggunakan email cukup membantu. Dimulai dari teman-teman kita sendiri sampai orang lain yang tidak kita kenal.

Dalam promosi menggunakan email ini kita harus mencantumkan alamat blog kita agar orang yang membaca tahu. Selain itu kita harus membuat tulisan yang simple dan semenarik mungkin agar kemungkinan orang yang menerima email mahu membaca dan mengklik link blog kita.
Dalam kita mempromosikan blog menggunakan email ada tiga cara yang dapat kita gunakan, yaitu:
- Content pada email
- Signature
- Response email

Promosi Pada Content Email
Promosi pada content email yaitu anda mengirimkan email kepada orang lain dengan menggunakan subject dan isi. Menulis subjek sebaiknya semenarik mungkin agar penerima tertarik untuk membacanya, sebab kalau tidak kemungkinan orang membaca kecil karena sekarang ini biasanya orang menerima banyak sekali email sehingga akan pilih-pilih dalam membuka email yang diterimanya. Selain itu gunakan bahasa yang sopan, ramah, tidak banyak kata-kata, tapi sudahmenggambarkan sebagian besar blog anda. Jika email anda dirasa menarik, maka penerima sudah hampir dipastikan akan membacanya dan akan mengunjungi blog anda.

Promosi di Signature Dalam Email
Selain dengan Content yaitu dengan signature. Signature ini akan selalu muncul di bagian paling bawah jika anda mengirimkan email kepada siapa pun. Anda bisa mencantumkan link blog anda disertai dengan sedikit deskripsi mengenainya.

Contoh Signature

Akbar Amri
http://jeparablogger.blogspot.com - Mengenai informasi seputar bisnis, kesehatan, desain grafis, dan lain-lain.


Jika anda menggunakan email dari yahho, langkah-langkah untuk membuat signature adalah sebagai berikut:
1. Login email anda. Lalu klik tab Options di sebelah kanan atas account email yahoo, selanjutnya pilih kolom signature
2. Tuliskan bentuk signature yang anda inginkan kemudian klik Add signature to all outgoing messages lalu klik save.
Sekarang signature anda sudah jadi dan akan dimunculkan setiap kali anda mengirim email.

Promosi Melalui Response Email

Response email digunakan sebagai balasan otomatis terhadap orang yang mengirim email ke alamat email anda. Biasanya sebagai konfirmasi kalau email yang telah dikirimkan kepada anda telah diterima dan anda akan segera membalasnya saat membukanya, atau jika anda sedang sibuk tergantung isi dari response email tersebut.
Berikut cara membuat response email menggunakan email yahoo:
1. Klik Options, elanjutnya pilih kolom Vacation Response
2. Anda bisa mengatur durasi untuk email response tersebut, juga isi email response tersebut. Setelah itu aktifkan email response anda dengan mengklik Turn Auto-Response On.
Isi dari response email anda bisa berupa ucapan terimakasih telah mengirim email dan lain-lain.

Nah demikian caranya, semoga sahabat bloggersemakin pinter aja menguasai dunia blogging.
Salam blogging dari jepara blogger

Read More..

Kamis, 20 Agustus 2009

Bahaya Flu Babi

Sekedar informasi saja buat teman-teman blogging yang sengaja atau pun tidak sengaa mampir ke jepara blogger. Akhir-akhir ini gejala flu babi sudah ramai dibicarakan di semua kalangan, oleh karena itu tidak ada salahnya anda membaca artikel ini beberapa menit saja.
Mengenai Flu babi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza A subtipe H1N1 yang dapat menular melalui binatang, terutama pada babi ( itu sebabnya diberi nama flu babi ). Ada juga kemungkinannya penyakit ini ditularkan melalui manusia.
Biasanya virus ini menyebar pada babi terutama dipeternakan babi. Awalnya cuma satu babi, tapi virus ini cepat sekali menular ke babi-babi yang lain, dan kemudian menularkannya ke babi dipeternakan lain atau lang sung ke konsumn saat terjadi transaksi jual beli babi. Hingga sekarang ini flu babi sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia.Proses penularan flu babi kepada manusia sangatlah mudah terjadi, misalnya apabila manusia bersentuhan dengan babi yang ada ci kandangnya atau dipeternakan, sementara babi itu sudah positif terinfeksi flu babi, maka ada kemungkinan sangat besar orang tersebut akan tertular virus flu babi tersebut. Selain itu penularan dari satu orang ke orang lainnya pun juga sangat mudah, yaitu diantaranya melalui paparan batuk orang yang terinfeksi flu babi, ata orang yang tidak terinfeksi kemudian menyentuh sesuatu yang sudah terkena virus flu babi, lalu menyentuh mulut atau hidung.


Meskipun demikian konsumsi daging babi tidak menyebabkan seseorang terinfeksi flu babi. Seperti yang diungkapkan oleh CDC, selama produk daging babi tersebut terjamin, dimasak dengan baik dan matang. Disarankan untuk memasak daging babi dengan temperatur sekitar 71°C, pada suhu tersebut bakteri dan virus tidak dapat bertahan.
Sejauh ini vaksinasi untuk babi telah tersedia namun vaksin untuk manusia belum tersedia, hal ini dikarenakan virus H1N1 pada babi secara antigen sangat berbeda dengan virus H1N1 pada manusia. Penyebaran flu babi ini umumnya terjadi pada musim dingin dan musim gugur.
Beberapa diantara ini adalah gejala-gejala yang mungkin perlu diperhatikan sebagai tanda-tanda untuk peringatan. Berikut beberapa diantaranya tanda-tanda pada anak adalah :
1.Bernafas cepat atau memiliki kesusahan bernafas
2.Warna kulit kebiruan
3.Tidak minum banyak cairan
4.Tidak sadarkan diri atau tidak bereaksi
5.Anak tidak mau disentuh, dan cepat marah
6.Mengalami gejala seperti flu pada umumnya dan disusul dengan demam juga batuk parah
7.Terdapat ruam ketika demam
Sedangkan tanda-tanda pada orang dewasa adalah :
1.Sulit bernafas
2.Merasakan sakit atau tekanan di dada dan sekitar perut
3.Tiba-tiba pusing
4.Muntah dan biasanya diiringi diare

Beberapa upaya untuk menghindari flu babi adalah :
1.Hal paling utama dan sederhana adalah dengan mencuci tangan Anda, karena bakteri sangat mudah sekali menempel di tangan Anda. CDC menganjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air hangat selama 15-20 detik.
Cuci tangan terutama setelah tangan anda menutupi bersin atau batuk. Bahan pencuci tangan yang beralkohol juga efektif untuk digunakan membersihkan tangan.
2.Tutupi hidung dan mulut anda dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu pada tempatnya setelah selesai digunakan.
3.Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut secara langsung, karena melalui cara ini bakteri menyebar dengan mudah
4.Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
5.Jika Anda terserang flu ada baiknya untuk tetap di rumah untuk istirahat, untuk membatasi hubungan dengan orang lain dan menekan penyebaran virus

Nah, demikian yang dapat jepara blogger sampaikan mengenai flu babi. Diharapkan agar sahabat blogger selalu waspada dengan bahaya flu babi.
Akhirnya, salam blogger.

Read More..

Sabtu, 08 Agustus 2009

Dapat Dollar Dari CIAO

Dengan CIAO anda berpeluang untuk mendapat dollar gratis mulai dari $1-$50 perhari. Cara sangat mudah, tapi jika anda belum mendaftar di CIAO silakan klik di sini.
Lalu bagaimana dapat uangnya ??
Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menulis review dengan bahasa inggris dari sebuah produk yang ada, cukup satu review saja.
Tidak bisa bahasa inggris ??
Sekali pun anda tidak bisa bahasa inggris masih tetap bisa join di CIAO ini,anda bisa menggunakan google translate untuk merubah artikel bahasa indonesia anda menjadi bahasa inggris, jadi anda tinggal mengedit sedikit saja.

Mengenai pembayarannya menggunakan paypal, tapi jika tidak punya paypal silakan buat dulu. Lalu jika tidak punya kartu kredit untuk verifikasi, anda jangan kawatir. Anda bisa verifikasi menggunakan VCC yang harganya murah, mereview beberapa hari di CIAO anda sudah bisa membelinya, gampang kan.

Jika anda benar-benar sudah mendaftar di CIAO, berikut akan saya berikan langkah untuk membuat review suatu produk.
1. Setelah login di CIAO, klik member centre yang ada di pojok kanan.
2. Pilih salah satu produk yang ingin anda review.
3. Setelah memilih produk yang akan anda review, klik tulisan " write a review "
4. Tuliskan review anda minimal 120 kata, isi juga form kekurangan dan kelebihan produk.
5. Publish review

Sekarang anda sudah jadi member aktif di CIAO, dan sekarang anda sudah bisa mencari uang di CIAO. Untuk mendapat uang dari CIAO caranya anda tinggal cari teman sebanyak-banyaknya, gampang kan seperti anda kalau menggunakn friendster ataupun facebook. Anda cukup add banyak orang saja, karena dengan memberikan review ke orang lain anda akan dibayar $0.01-$0.03, lalu jika ada yang mereview anda juga anda dibayar $0.01-0.03, jadi ini menariknya bermain di CIAO, selain mencari banyak teman, anda pun dibayar.
Buat review barang-barang yang mahal dan banyak dicari orang, maka anda akan mendapatkan rating banyak. Buatlah review tentang produk sebaik mungkin kerena akan ada hadiah $2000 untuk beberapa review terbaik, meskipun kemungkinan itu kecil bagi kita yang gagap bahasa inggris.

Nah itu asyiknya bermain dan bekerja di CIAO, sekarang saatnya saya akan memberikan tips untuk anda yang g bisa bahasa inggris seperti saya ini. Misalkan anda akan membuat review tentang sony ericson k800i, maka tulislah sony ericson k800i di kotak ajaib CIAO. Nah, setelah mendapatkan reviwnya anda tinggal menggunakan fasilitas google translate, ubah review tersebut ke bahasa indonesi kemudian tambah dan kurangi kata-katanya dengan bahasa indonesi, lalu translete lagi ke bahasa inggris. tinggal copy paste deh ke kolom review CIAO, mudah kan??.

URL google translate ada di sini

Namun, ingat anda harus benar-benar mengedit reviewnya hingga benar-benar beda dengan aslinya, jika tidak account anda akan di banned.

Mengenai pembayarannya anda harus edit account paypal anda di CIAO, caranya
Login-my ciao-setting-personal data
edit paypal anda, jangan lupa untuk mengupdate semuanya.
Setelah itu untuk meminta pembayarannya,
account balance-request payment, minimal pembayaran adalah $5. Saya sarankan anda meminta pembayaran di akhir bulan kaerna CIAo hanya memperbolehkan pembayaran satu bulan sekali, dan CIAO akan membayarkan uangnya di pertengahan bulan. Jadi jika anda meminta pembayaran tanggal 30 januari anda akan mendapat uangnya tanggal 15 februari.

Kalau sudah mantap untuk daftar, klik di sini.


Read More..

Sajak Petualang

Perjalananku diliput waktu
Tak henti berpijak tanah,
Sekedar untuk bertahan hidup
Panas dan dinginnya sentuhan alam
Namun sepoi-sepoi angin
Buatku mengerti tentang kebijaksanaan

Dalam hidup yang kian jauh
Tak tentu arah,
Apalah arti sebuah hening
Merenungkan sang pencipta
Ataukah berharap sesuap nasi

Sesungguhnya perasaan pun berkata
Pernah engkau tahu takdirmu ??
Apa yang membuatnya,,
Tanah gersang ini,
Padang rumput nan hijau,
Hutan yang lebat..
Hanyalah gambaran kehidupan

Yang entah apakah sadar

Read More..

Mempercepat Browsing Dengan Firefox

Jika anda adalah pengguna Mozilla Firefox sebagai sarana untuk browsing di internet sehari-hari, mungkin anda merasa kurang nyaman mengenai loading yang biasa saja. Nah, berikut ini tips yang pernah saya baca di blognya guru saya. Semoga bermanfaat.
Ada pun langkah-langkahnya yaitu:
1. Buka Mozilla Firefox yang biasa digunakan
2. Pada address bar, ketik about:config, kemudian enter
3. Klik 2x pada network.http.max-connection, ganti digit angka tersebut menjadi 48

4. Klik 2x pada network.http.max-connection-per-server, ganti digit angka tersebut menjadi 24
5. Klik 2x pada network.http.max-persistent-connections-per-proxy, ganti digit angka tersebut menjadi 12
6. Klik 2x pada network.http.max-persistent-connections-per-server, ganti digit angka tersebut menjadi 6
7. Klik 2x pada network.http.pipelining. Pastikan di kolom Value (paling kanan) sudah berubah menjadi true
8. Klik 2x pada network.http.pipelining.maxrequests, ganti digit angka tersebut menjadi 8
9. Klik 2x pada network.http.proxy.pipelining. Pastikan di kolom Value (paling kanan) sudah berubah menjadi true
10. Klik kanan dimana saja (asal di tempat kosong)
11. Sorot New, Klik Integer
12. Ketik nglayout.initialpaint.delay pada kolom yang muncul
13. Klik OK
14. Ketik 0 (nol) pada kolom yang muncul
15. Klik OK
16. Selesai, silahkan keluar dari tab about:config
17. Refresh Firefox anda

Nah itu dia langkah demi langkah yang harus anda tempuh, selanjutnya silakan mencoba dan salam blogging.

Read More..

Melakukan Promosi Blog

Di postingan saya yang sebelumnya telah saya tuliskan tentang meningkatkan pagerank, kalau belum dibaca silakan membacanya. Untuk kali ini masih dengan tema yang sama yaitu untuk mendatangkan banyak traffic di blog kita, karena banyak sekali cara yang digunakan oleh para master blog untuk meningkatkan pagerank blognya di SEO. Dalam hal ini kita bisa mempromosikan blog kita secara online ataupun offline. Namun, tentu saja promosi secara online akan sedikit memakan biaya ketimbang yang offline. Bahkan promosi online hanya biaya pemakaian internet saja.

Bentuk-bentuk media yang bisa digunakan untuk promosi secara online antara lain:
1. Text, Bentuk promosi text ini digunakan untuk menuliskan text ads, email promosi, signature, artikel, dan bentuk promosi lainnya dalam bentuk text.
2. Image ( gambar/ foto ). Bentuk media ini digunakan dalam bentuk banner ads, gambar promosi, kartu ucapan digital, foto, dan bentuk image lainnya.
3.Report atau ebook, bentuk media ini digunakan dengan menuliskan sebuah report/ebook mengenai sebuah topik dan mendistribusikannya dalam bentuk file PDF.
4. Audio, Bentuk media ini digunakan dengan menampilkan audio dalam bentuk mp3, yang bisa diunduh dan didengarkan.
5. video. Bentuk media ini digunakan dengan membuat content video yang berisi promosi blog yang menjelaskan tentang isi dari blog anda, kemudian video tersebut didistribusikan secara gratis melalui internet seperti melalui website video sharing terbesar youtube.com.
6. Software. Dengan memberikan download gratis software melalui blog kita, bisa saja orang yang menyukai software tersebut akan sering-sering berkunjung ke blog kita sekedar untuk melihat software yang terbaru.
7. Game. Bentuk ini pada dasarnya sama dengan software tadi hanya saja lebih dispesifikkan lagi mengenai contentnya, yaitu game.

Nah, itu berbagai promosi online yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan traffic di blog kita. Di artikel saya yang selanjutnya saya akan coba menjelaskan tentang spesifikasi dan masing-masing cara tersebut dengan lebih detil lagi. Salam ngeblog dan jangan lupa tinggalkan comment.

Read More..

Rabu, 05 Agustus 2009

Tentang FeedBurner Meningkatkan SEO

Kali ini saya menuliskan informasi tentang layanan feedburner yang semakin diakui oleh google. Pasalnya dengan feedburner ini blog kita akan lebih banyak peluang untuk ditemukan di feedburner.
Kabar gembira bagi sahabat blogging yang sudah memanfaatkan feedburner untuk meningkatkan SEO ( Search Engine Optimation ) feed blognya. Sekarang Google telah mengakui adanya feedburner, jadi pemilik blogger.com bisa mengintegrasikan feed blogger dengan feedburner. Dengan kata lain, semua feedblogger akan diredirect ke feedburner. Tentunya hal ini akan lebih meningkatkan SEO blog kita. Adapun caranya sebagai berikut,

Pertama, jika anda belum punya account di feedburner.com, silakan anda melakukan pendaftaran di http://feedburner.com. Setelah selesai mendaftar, masuklah ke blog anda,
- klik setting – Site Feed . Kemudian masukkan feedburner blog anda yang telah dapatkan tadi ke dalam menu “ Post Feed Redirect URL “. Kemudian save setting. Selesai sudah. Sekarang anda bisa menikmati layanan-layanan dari feedburner lewat account anda. Selain itu intinya blog kita akan lebih diperhatikan oleh para mesin pencari, khususnya babe google.

Akhirnya salam ngeblog,

Read More..

Rokok dan Pergaulan Bebas Bagi Pelajar

Rokok


Pengertian Rokok
Adalah gulungan dari tembakau yang dibungkus dengan daun nipah, kertas dan bahan-bahan lainnya.

Bahaya Yang Ditimbulkan Oleh Rokok

1. Nikotin
Yaitu zat yang paling dibicarakan oleh para pakar kesehatan dan sedang diteliti banyak orang, nikotin ini dapat meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah tepi dan dapat menyebabkan ketagihan serta ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin sekitar 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap harinya sudah dapat membuat orang tersebut ketagihan.
2. Timah hitam
Timah hitam (Pb) yang dihasilkan sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Bisa dibayangkan apabila seorang perokok berat menghisap rata-rata 2 bungkus rokok per hari, berapa banyak zat berbahaya ini masuk ke tubuh
3. gas Karbon monoksida
Gas karbon monoksida (CO) memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah. Seharusnya hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernafasan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen maka gas CO ini merebut tempatnya di sisi hemoglobin. Akhirnya kadar CO dalam tubuh seorang perokok dapat mencapai 4-15% dibandingkan pada orang bukan perokok yang hanya 1%.
4. Tar
Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam kumpulan padat asap rokok dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar akan masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan dan paru-paru. Pengendapan ini berfariasi tergantung berapa banyak orang menghisap rokok, biasanya antara 3-40 mg, sementara kandungan tar dalam rokok berkisar 24-45 mg.

Pergaulan Bebas

Pengertian
Pergaulan
adalah hidup berteman ( bermasyarakat ) dengan akrab antar satu orang dengan orang yang lainnya sehingga membentuk suatu perkumpulan.
Bebas adalah lepas sama sekali atau ( tidak terhalang ataupun terganggu oleh norma-norma yang mengikat).

Dewasa ini pergaulan bebas dikalangan remaja sangatlah memprihatinkan, bahkan sampai terjadi hamil diluar nikah, tentunya itu sangatlah merugikan bagi kelangsungan hidupnya, oleh karena itu sebagai warga negara indonesia yang menjunjung tinggi nilai dan norma-norma marilah kita tata diri kita dan bergaul sewajarnya saja.

Pengaruh Konsentrasi Belajar
Bagi perokok mungkin mereka berpendapat bahwa merokok akan meningkatkan konsentrasi dalam belajar, karena dengan belajar sambil menikmati hisapan demi hisapan puntung rokok seseorang lebih fokus mengerjakan sesuatu. Namun, suatu ketergantungan ini adalah salah. Pasalnya merokok mempengaruhi saraf otak sehingga otak kita terganggu, sekonsentrasi apa pun kita belajar, sepertinya cuma hisapan rokok itu sendiri yang lebih dominan dibanding pembelajarannya.
Sedangkan dari pergaulan bebas itu sendiri akan merusak masa depan seseorang yang sudah masuk di dalamnya, sehingga nantinya akan sangat merugikan bagi diri sendiri juga orang tua yang masih membiayai kita dalam pembelajaran.


Read More..

Selasa, 04 Agustus 2009

Komponen Desain Grafis

Desain yang menekankan fungsi tanpa keindahan / estetika akan tidak menarik sehingga tidak komunikatif. 'menarik' atau 'indah' bisa dinilai dengan menggunakan mata (lahir) atau dengan hati (batin). anda bisa tertarik dengan (calon) pasang bisa karena pandangan pertama (mata) atau kepribadiannya (hati). desain bisa menarik karena indah dipandang atau konsepnya yang kreatif. keindahan yang dibahas lebih ditekankakn pada kemampuan mata sebagai penilai.
agar menarik mata (eye catching) diperlukan pengetahuan tentang unsur / komponen dalam desain grafis, antara lain :
1. garis
2. bentuk
3. warna, tekstur dan cahaya
4. ilustrasi / gambar
5. huruf / tipografi
6. ruang (space)

kesemua itu di komposisikan dengan prinsip desain antara lain:
1. Keseimbangan
2. keserasian / harmoni
3. proporsi & skala
4. irama
5. kesatuan dll

1. GARIS

dalam kenyataan 'garis' itu tidaklah ada. jika anda kira rambut itu adalah garis, coba lihat dengan mikroskop, rambut terlihat dan terdiri dari banyak sel dengan bentuk-bentuk organis. garis tericpat dari adanya perbedaan warna, cahaya atau perbedaan jarak.
tetapi dalam desain grafis, garis di definisikan sebagai sekumpulan titik yang di deretkan memenjang. garis di software grafis komputer sering disebut outline (coreldraw), countour atau stroke (adobe photoshop). setiap jenis garis memiliki karakter dan suasana yang berbeda
setiap garis menimbulkan kesan psikologis / persepsi tersendiri. misal garis yang membentuk 'S'. sering dirasakan sesuatu yang lembut, halus dan gemulai. bandingkan dengan garis yang membentuk 'Z' terkesan tegas dan kaku. perasaan ini terjadi karena kita menyamakan dengan bentuk lengkung seperti bentuk tubuh yang sexy atau ombak di laut
garis secara orientasi,terdiri dari :
1. garis lurus horisontal
memberi kesan : sugesti ketenagan atau hal yang tak bergerak

2. garis lurus vertikal
memberi kesan : stabilitas, kekuatan atau kemegahan
3. garis lurus miring diagonal
memberi kesan : tidak stabil, sesuatu yang bergerak atau dinamika
4. garis melengkung (kurva)
memberi kesan : keanggunan, halus

kombinasi garis-garis tersebut akan menghasilkan garis-garis lain sebagai berikut :
Kombinasi garis horisontal dan vertikal :
memberi kesan : formal, kokoh, tegas

Kombinasi garis diagonal :
memberi kesan : konflik, perang, benci, larangan

2. BENTUK

bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimarta). setiap bentuk mempunyai arti tersendiri.
tergantung budaya, geografis dll. contoh ; segitiga bisa melambangkan konsep trinitas (ayah, ibu, anak) tetapi di mesir segitiga melambangkan simbol feminimitas (kewanitaan)

3. ILUSTRASI

gambar di desain grafis bisa terbagi dari jenis metodenya :
1. Manual
manual / hand drawing / gambar tangan. dengan menggunakan alat seperti pensil, air brush, kuas, cat, spidol dll. cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide karikatur, komik, lukisan dll. Untuk memindahkan ke dalam format digital perlu alat seperti scanner atau foto digital

2. Computerized
menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vektor (coreldraw) atau bitmap (adobe photohsop) format vector yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untk pembuatan logo dan gambar dari line-art. format bitmap terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto


4. WARNA

Setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. dengan warna kita dapat mengkomunikasikan desain kita kepada audience secara efektif. psikologi warna secara luas dapat di pelajari di bab lain di BLOG ini.


5. TEKS

Tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin
perkembangan tipografi mengalami perkembangan dari cara manual / dengan tangan (hand drawn) hingga menggunakan komputer. dengan komputer, penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan pilihan huruf yang variatif. meski begitu dalam pemilihan huruf / font harus diperhatikan karakter produk yang akan di tonjolkan dan juga karakter segmen pasarnya.
Jenis-jenis font meski begitu banyak tetapi tetap dalam kategori sebagai berikut :
1. Huruf tanpa kait (sans serif)
tidak memiliki kait / hook, hanya batang dan tangkainya saja. contohnya arial, tahoma
2. huruf berkait (serif)
memiliki kait / hook pada ujungnya, contoh : times roman, garamond
3. huruf tulis (script)
setiap hurufnya saling terkait seperti tulisan tangan, contoh : brushscript, mistral, shelley
4. huruf dekoratif
setiap huruf dibuat secara detail, kompleks dan rumit, contoh : augsburger initial dll
5. huruf monospace
bentuknya bisa sama seperti huruf sans serif atau serif, tapi jarak dan ruang setiap huruf sama, contoh : courrier, monotype cursive, OCR

6. RUANG

dengan ruang kita dapat merasakan jauh - dekat, tinggi - rendah, panjang - pendek, kosong - padat, besar - kecil dll.
ukuran tersebut sifatnya relatif. 'Besar' menurut anda belum tentu sam adengan 'Besar' menurut orang lain. ukuran-ukuran tersebut muncul karena ada pembanding.
jika kamar penuh dengan barang. tentu kita sulit bergerak karena perlu ruang sirkulasi. begitu pula dalam desain grafis, kita memerlukan ruang untuk menempatkan komponen grafis seperti gambar, teks dll tetapi jangan sampai menghabiskan ruang desain
dengan demikian ruang kosong bukan berarti ruang yang tidak bermanfaat atau ruang yang harus di isi, justru ruang kosong adalah komponen desain grafis. dengan memanfaatkan ruang tersebut desain kita terlihat lebih mudah dicerna. lebih komunikatif dan menarik.


Read More..

Proses Perancangan Grafis

Secara Umum proses perancangan grafis dimulai dari konsep adalah sebagai berikut :

KONSEP - MEDIA - IDE - DATA - VISUALISASI - PRODUKSI

Diagram diatas bisa diaplikasikan untuk bidang perancangan visual seperti : arsitektur, tekstil / fashion, produksi, Multimedia, dll.

KONSEP :
Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segment / audience yang dituju. Konsep bisa didapatkan dari pihak non grafis, antara lain : ekonomi, politik, hukum, budaya dll.

MEDIA :

Merupakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam suatu perancangan grafis.
Untuk mencapai kriteria ke sasaran / segment yang dituju, diperlukan studi kelayakan media yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuannya. media bisa berupa cetak, elektronik, luar ruang, dll.
IDE /GAGASAN :
untuk mencari ide yang kreatif diperlukan studi banding, literatur, wawasan yang luas, diskusi, wawancara, dll agar desain bisa efektif diterima audience dan membangkitkan kesan tertentu yang sulit dilupakan. Kadang untuk mendapatkan ide, diperlukan suatu kegilaan membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan membenturkan / membuat suatu hal yang konflik / paradoks. Pada dasarnya setiap orang mempunyai ide yang berbeda-beda sehingga hasil dari karya yang di buat pun tidak ada yang sama, sekali pun kalau orangnya sendiri yang membuatnya dengan konsep yang sama hasilnya akan tetap berbeda.

DATA :
Data bisa berupa data informatif atau data estetis. Data informatif bisa berupa foto atau teks dan judul. Data estetis bisa berupa bingkai, background, efek grafis garis atau bidang. Untuk desain dengan menggunakan komputer, data harus dalam format digital / file, oleh karena itu peralatan yang diperlukan untuk merubah data analog ke digital seperti scanner, cammera digital akan sangat membantu

VISUALISASI :
aktifitas visualisai memulai pemilihan warna, baik penentuan layout dan finishing

PRODUKSI :
setelah desain selesai, maka desain sebaiknya lebih daul di proofing (print preview sebelum dicetak)

Read More..

Desain Grafis

Pengertian Desain Grafis
Desain grafis merupakan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar

Lingkup Kerja Desain Grafis
banyak sekali, antara lain : Desainer cover buku, layout halaman, cover CD, interface, brosur, undangan, kartunama, sign system, logo, web design, animasi, packaging, ilustrasi, game, modeller 3D, foto digital, iklan dll.

Setiap manusia adalah desainer. Entah apakah orang tersebut sadar atau tidak seseorang telah melakukan suatu desain, missal mencoret-coret buku, membuat kaligrafi, menempel gambar di kamar, memilih warna untuk cat rumah, dll. Hanya saja letak perbedaannya adalah pada nilai keindahan yang di berikan. Suatu desain grafis dikatakan indah apabila banyak orang yang menyukai desain tersebut. Kemudian sebuah desain yang bagus mempunyai nilai guna, artinya dapat digunakan oleh banyak orang.

Sarana yang Dapat Digunakan
Untuk menyampaikan suatu karya kepada banyak orang dapat menggunakan banyak media, misalnya sebagai berikut :

1. Media cetak ;
misal poster, brosur, buku, stiker, cover CD / kaset, leaflet, tas belanja, kartu nama, iklan majalah / koran
2. Media luar ruang ;
misal spanduk, Banner, X-Banner, Billboard, Papan nama, neon sign, Baliho, Mobil Box
3. Media Elektronik ;
misal televisi, film, internet, handphone, komputer, radio, dll
4. Tempat pajang/display ;
misal etalase, desain gantung, floor stand
5. Barang-barang Kenangan / Special offer
misal kaos, topi, payung, gelas, souvenir, tas dll

Read More..
Grab this Widget ~ Blogger Accessories